TEMA 2 PKN
3.2
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Setiap manusia memiliki hak dan
kewajiban termasuk juga anak. Hak adalah segala sesuatu yang harus diterima.
Sementara itu, kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan menurut
aturan yang berlaku. Kewajiban dan hak harus dilaksanakan dengan seimbang agar
tidak terjadi ketimpangan. Hak diperoleh setelah melaksanakan kewajiban.
Berikut adalah hak dan kewajiban anak di rumah, di sekolah, dan di lingkungan.
A. Hak Anak di Rumah
1. Hak Mendapatkan Kasih Sayang
Seperti telah diuraikan di atas, mendapatkan
kasih sayang adalah hak anak. Saat masih kecil, ibu selalu menyuapi, menjaga,
dan memeluk dengan penuh kasih sayang dan ayah selalu mengajak bermain.
Setelah anak tumbuh besar, kedua orang tua akan
tetap menyayangi, walaupun dengan cara yang
berbeda. Ibu tidak lagi menyuapi, tetapi ia
selalu menyiapkan makanan yang bergizi agar anak dapat tumbuh sehat dan kuat.
Ayah juga selalu bekerja keras mencari nafkah agar kebutuhan keluarga dapat
terpenuhi.
Kasih sayang yang telah diberikan oleh orang tua
harus disyukuri dengan cara menghormati dan menghargai mereka. Sebagai anak
kita juga harus berterima kasih atas segala bentuk kasih sayang yang telah
mereka berikan.
2. Hak Mendapatkan Perlindungan
Apa yang dirasakan saat harus berjalan di bawah
terik matahari? Tentu akan merasa kepanasan. Dan apa pula yang dirasakan saat
harus berjalan di bawah hujan deras? Tentu kita akan kedinginan dan bisa jatuh
sakit.
Artinya, manusia membutuhkan perlindungan dari
segala hal yang dapat membahayakan dan membuat kita sakit. Anak juga berhak
mendapatkan perlindungan berupa tempat tinggal yang sehat dan nyaman, baju yang
layak, serta keamanan agar dapat tumbuh dengan baik. Orang tua berkewajiban
memberikan perlindungan tersebut sesuai dengan kemampuannya.
3. Hak untuk Bermain
Tentu kita dapat merasakan, betapa bahagianya
saat bermain dengan teman-teman. Kita dapat melakukan berbagai hal yang kita
sukai. Masa anak-anak adalah masa bermain yang akan dilewati oleh setiap orang.
Bermain adalah hak setiap anak. Saat bermain, seringkali anak membuat ruangan
menjadi kacau atau berantakan. Oleh karena itu, setelah selesai bermain, ia
berkewajiban merapikan kembali ruangan dan barang-barang yang telah dipakai.
Setelah dirapikan, ruangan kembali bersih dan rapi sehingga semua orang merasa
nyaman.
4. Hak Mendapatkan Kesehatan
Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting
bagi kita. Saat tubuh kita sehat, kita dapat belajar, bermain, dan mengerjakan
segala sesuatu dengan nyaman. Sebaliknya, saat tubuh kita sakit, kita tidak
mungkin dapat belajar dengan baik. Kita juga tidak mungkin bisa bermain saat
badan kita sakit. Kesehatan adalah hak anak. Saat sakit anak berhak mendapatkan
pengobatan yang terbaik agar bisa kembali sehat.
5. Hak Mendapatkan Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar agar setiap anak
agar dapat tumbuh menjadi orang yang berguna. Orang tua mendidik kita di rumah
dan menyekolahkan kita untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik
B. Hak Anak di Sekolah
1. Hak Mendapatkan Pendidikan
Sekolah adalah tempat bagi setiap anak untuk
belajar. Berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh sekolah dapat digunakan
untuk menunjang kelancaran belajar anak. Sekolah berkewajiban memberikan
pendidikan terbaik bagi seluruh siswa-siswanya.
2. Hak Mendapatkan Kasih Sayang
Di sekolah anak-anak berhak mendapatkan kasih
sayang dari guru sebagai pendidik mereka. Dengan suasana yang penuh kasih
sayang proses belajar mengajar akan lebih menyenangkan dan anak dapat belajar
dengan lebih maksimal. Kasih sayang yang diberikan guru juga akan menumbuhkan
rasa percaya diri dan rasa saling menyayangi di antara siswa-siswa di sekolah.
3. Hak Mendapatkan Perlindungan
Mendapatkan perlindungan berupa rasa aman dan
nyaman saat belajar di sekolah juga hak dari setiap anak. Di sekolah, tidak
boleh ada anak yang merasa terganggu atau terancam oleh anak lainnya. Sekolah
berkewajiban menciptakan suasana yang aman dan menyenangkan agar setiap siswa
dapat belajar dengan tenang.
C. Kewajiban Anak di Rumah
1. Kewajiban Belajar
Anak memiliki hak untuk bermain, tetapi ia juga
tidak boleh melupakan kewajibannya untuk belajar. Belajar sangat penting bagi
anak agar dapat menjadi anak yang memiliki kemampuan dan pengetahuan sebagai
bekal hidupnya kelak.
Belajar juga mendidik anak menjadi manusia yang
berakhlak mulia yang sesuai dengan harapan agama dan masyarakat.
2. Kewajiban Membantu Orang Tua
Setiap orang tua tentu sangat menyayangi
anak-anaknya. Orang tua bekerja keras mencari nafkah, melindungi, dan mendidik
anak-anaknya agar kelak menjadi anak yang mandiri dan berguna. Oleh karena itu,
setiap anak berkewajiban membantu orang tua di rumah sesuai dengan
kemampuannya.
D. Kewajiban Anak di Sekolah
1. Mematuhi Tata Tertib Sekolah
Setiap sekolah memiliki tata tertib agar
kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Setiap warga sekolah,
termasuk siswa wajib mengikuti semua tata tertib yang dikeluarkan sekolah.
Contoh tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa adalah menggunakan seragam
yang lengkap dan tidak terlambat datang ke sekolah.
2. Menghormati dan Mematuhi Nasehat Guru
Guru adalah orang yang telah mendidik siswa
dengan penuh kasih sayang. Guru juga telah mendidik siswa dengan segala ilmu
yang dimilikinya agar kelak menjadi orang yang memiliki pengetahuan dan
keahlian. Oleh karena itu, siswa harus senantiasa menghormati dan mematuhi
nasehat guru sebagai orang tua siswa di sekolah.
3. Menjaga Kebersihan Sekolah
Menjaga kebersihan sekolah adalah kewajiban
setiap warga sekolah, termasuk siswa-siswanya. Keadaan sekolah yang terjaga
kebersihannya akan membuat suasana belajar menjadi nyaman. Kebiasaan baik
menjaga kebersihan sekolah juga akan menumbuhkan kesadaran pada diri siswa
untuk senantiasa menjaga kebersihan di mana pun mereka berada.
E. Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat
Anak-anak merupakan bagian dari warga
masyarakat. Oleh karena itu, anak juga memiliki hak dan kewajiban di lingkungan
masyarakat. Anak berhak mengembangkan kemampuannya di masyarakat, baik dalam
bentuk hobi atau kegemaran ataupun kemampuan bersosialisai. Lingkungan
masyarakat juga berkewajiban memberikan fasilitas yang memadai bagi anak-anak
untuk mengembangkan potensi mereka.
TEMA 2 BAHASA
INDONESIA
3.2 Memetakan keterhubungan antar gagasan yang didapat
dari teks lisan, tulis, atau visual.
MEMBUAT POSTER DENGAN TEMA HEMAT ENERGI
TEMA 2 IPA
3.5 Memahami berbagai bentuk sumber
energi, dan sumber energi alternatif (angin,air, matahari, panas bumi, bahan
bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
Matahari Sumber Kehidupan di Bumi
Berikut beberapa peran matahari bagi
kehidupan di Bumi:
•
Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang
dan malam.
•
Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan
terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan yaitu musim panas, musim
gugur, musim dingin dan musim semi.
•
Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung,
panas, dan hujan.
•
Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi
daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang
tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan
manusia
untuk keberlangsungan hidupnya.
•
Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di
laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi
hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang
memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai
sumber energi.
•
Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada
proses pembuatan garam.
•
Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya,
yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
•
Cahaya matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang
berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak. Begitu banyak peran matahari
bagi kehidupan. Tanpa matahari maka tidak
akan terjadi kehidupan di Bumi.
Angin Sebagai Sumber Energi
Angin memiliki banyak peranan dalam
kehidupan.
- Pada proses hujan, angin membuat
awan-awan bergerak ke berbagai wilayah di atas daratan, sehingga banyak
wilayah akan terhindar dari kekeringan.
- Angin membantu suhu udara di musim
panas menjadi lebih sejuk. Anginjuga sangat menyenangkan bagi anak-anak.
Angin membuat anak-anak dapat bermain layangan, bermain kincir, atau
bermain gelembung sabun yang beterbangan ke berbagai arah karena
tiupannya.
- Sebagai sumber energi listrik.
Berbagai Cara Hemat Energi di Rumah
Berikut
ini adalah hal- hal yang dapat dilakukan untuk melakukan penghematan energi.
- Banyak energi yang terbuang hanya
dengan meninggalkan peralatan listrik tetap tercolok ke stop kontak dan
membuat peralatan pada mode siaga. Dengan hanya mencabut peralatan ketika
mereka tidak digunakan, dapat menghemat tagihan listrik. Pasang sakelar
pada kabel listrik televisi, kabel DVD, dan alat elektronik hiburan
lainnya dan ketika mereka tidak digunakan, matikan daya listrik melalui
sakelar tersebut. Lepaskan steker, karena beberapa perangkat masih dapat
menarik listrik bahkan setelah mereka dimatikan.
- Ketika mencuci pakaian, baik tingkat air
dan suhu pencucian memainkan peran besar dalam jumlah energi yang digunakan.
Pastikan menggunakan tingkat suhu yang benar.
- Pencahayaan memiliki peran 11% dari tagihan
listrik di rumah. Dengan mematikan lampu, berarti menghemat energy
- Saat ini banyak toko elektronik menyediakan
lampu hemat energi. Ganti lampu lama dengan lampu hemat energi.
Energi alternatif dan
pemanfaatannya
Sumber energi alternatif merupakan
sumber energi yang bukan sumber energI tradisional. Sumber energi tradisional
adalah bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Sumber energi
alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia
di alam dan tidak akan habis, yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.
1.
Matahari
Matahari merupakan sumber energi
utama di bumi. Hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari.
Energi panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk memanaskan ruangan,
memanaskan air, dan keperluan lain.
2.
Angin
Angin adalah gerakan udara di
permukaan bumi yang terjadi karena tekanan udara. Angin telah dimanfaatkan
sejak dulu sebagai sumber energi pada perahu layar dan kincir angin
tradisional.
3.
Air
Air yang deras merupakan sumber
energi gerak. Energi itu biasa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik.
Oleh karena itu, di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat bendungan air
di tempat yang tinggi. Air yang dibendung tersebut, kemudian dialirkan menurun
sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras.
4.
Panas Bumi
Energi panas bumi (energi geotermal)
merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi.
Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal itu menunjukkan
bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar.
5.
Gelombang air laut
Gelombang air laut saat memecah di
pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi
listrik.
6.
Bahan Bakar Bio
Bahan bakar bio merupakan bahan
bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Bahan bakar
bio yang berasal dari tumbuhan di antaranya tumbuhan berbiji yang mengandung
minyak, seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai.
Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodiesel. Biodiesel dapat digunakan untuk
menggantikan solar. Singkong, ubi, jagung, dan sagu dapat diubah menjadi
bioetanol. Bioetanol dapat menggantikan bensin ataupun premium. Bahan bakar bio
juga dapat berasal dari kotoran ternak. Bahan bakar tersebut dikenal. sebagai
biogas. Kotoran ternak yang ada dimasukkan ke dalam ruangan bawah tanah
(lubang). Selain itu, bahan bakar ini dapat juga dimanfaatkan untuk bahan bakar
kendaraan bermotor
Manusia memerlukan energi alternatif untuk
memenuhi kebutuhannya dan menghemat pemakaian energi yang tidak bisa
diperbarui.
TEMA 2 IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
Pada dasarnya karakteristik
kenampakan alam dibagi menjadi 2 bagian yaitu kenampakan alam wilayah daratan
dan kenampakan alam wilayah perairan.
1. Kenampakan Alam Wilayah
Daratan
Wilayah
daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan
berbentuk padat. Kenampakan alam yang termasuk wilayah daratan adalah
sebagai berikut:
a. Dataran rendah
Dataran rendah
adalah wilayah datar yang memiliki ketinggian 0 – 200 m di atas permukaan
laut. Pada peta, dataran rendah biasanya digambarkan dengan warna hijau.
Dataran rendah banyak dimanfaatkan untuk pemukiman, industri dan pertanian. Ibu
kota propinsi di Indonesia hampir semuanya berada di dataran rendah dan dekat
dengan laut. Seperti kota Jakarta, Surabaya dan Pontianak. Manfaat dataran
rendah sebagian besar untuk lahan pertanian tanaman pangan dan perkebunan
kelapa, padi, palawija dan tebu.
b. Dataran tinggi
Dataran Tinggi adalah wilayah
daratan luas yang terletak pada ketinggian di atas 200 meter dari permukaan air
laut. Dataran tinggi disebut juga plateau atau plato. Pada peta, dataran
tinggi biasanya digambarkan dengan warna coklat. Contoh dataran tinggi di
Indonesia adalah Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah), Dataran Tinggi Alas
(Aceh), Dataran Tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Dataran tinggi sangat
cocok untuk kegiatan wisata dan perkebunan. Tanaman yang cocok untuk perkebunan
antara lain teh, cengkeh, kopi, sayuran dan buah-buahan, bunga dan kina.
Dapatkah kamu menyebutkan contoh
sayuran dan buah-buahan dari dataran tinggi?
c. Pantai
Pantai adalah wilayah perbatasan
antara daratan dan laut. Pantai ada yang landai ada yang terjal. Pantai banyak
yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Contohnya adalah Pantai Carita
(Banten), Pantai Senggigi (NTB), Pantai Ancol (DKI Jakarta), dan Pantai
Kasih (Aceh). Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki garis pantai
sepanjang 81.000 kilometer. Pantai landai banyak dimanfaatkan antara lain:
– untuk perikanan dan tambak, hasilnya udang dan bandeng. Contohnya Pantai
utara Jawa,
– untuk rekreasi dan olahraga atau objek wisata, contohnya Pantai Parangtritis
di Yogyakarta dan Pantai Kuta di Bali
– untuk tambatan perahu-perahu
nelayan, contohnya pantai Pacitan di Jawa Timur dan pantai Ayah di Jawa Tengah.
– untuk pembuatan garam
Pantai terjal
atau curam biasanya terdapat goa-goa yang dihuni burung walet. Sarang burung
walet diambil oleh penduduk sekitar dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan
atau obat-obatan. Pantai Karangbolong di Jawa Tengah banyak terdapat goa
yang dihuni burung walet.
d. Gunung
Gunung adalah
bagian bumi yang menonjol tinggi dengan ketinggian puncaknya di atas 600 m.
Gunung dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:
1) Gunung berapi
Gunung berapi
terbentuk oleh lapisan material yang keluar dari perut bumi. Gunung berapi yang
masih hidup atau aktif gejala yang tampak adalah timbulnya ledakan atau
letusan. Kegiatan gunung berapi diawasi oleh Jawatan Geologi. Jawatan ini
memiliki alat pencatat gempa bumi yang disebut seismograf. Beberapa bentuk
gunung api, yaitu : gunung api kerucut (strato), gunung api Landai (Maar) dan
gunung api Perisai (tameng). Bentuk ini dipengaruhi oleh letak dapur magma dan
sifat magma yang keluar dari perut bumi.
2) Gunung tidak berapi
Gunung tidak
berapi merupa-kan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Gunung tidak berapi
sangat kecil kemungkinan untuk meletus. Gunung tidak berapi sering juga
disebut gunung mati. Contoh gunung tidak berapi adalah Gunung Muria (Jawa
Tengah), Gunung Tambora (NTB), dan Gunung Melawan (Kalimantan Tengah).
Gunung terdiri dari tiga bagian.
Yaitu puncak, lereng dan kaki gunung. Tanah yang berada di sekitar gunung
sangat subur. Mengapa bisa demikian? Karena mengandung fosfor dan silika yang
berasal dari letusan gunung. Hal ini menyebabkan lereng dan kaki gunung
banyak ditumbuhi pohon-pohon lebat dan cocok untuk kegiatan perkebunan. Gunung
memiliki manfaat bermacam-macam, antara lain:
1. gunung dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi.
2. material letusan gunung api
dalam waktu lama dapat menyuburkan tanah, pasirnya dapat untuk bahan bangunan
3. gunung sebagai pengatur iklim
dan penyimpan air.
4. keluarnya magma menyebabkan
terangkatnya barang tambang ke muka bumi.
e. Pegunungan
Pegunungan
adalah rang-kaian gunung yang sambung menyambung satu sama lain. Pe-gunungan
juga sering dimanfaatkan untuk tempat wisata. Selain karena udaranya yang
sejuk juga karena pemandangan di pegunungan sangat indah. Contoh pegunungan di
Indonesia adalah Pegunungan Kendeng (Jawa Tengah), Pegunungan Sibolangit
(Aceh), Pegunungan Bukit Barisan (Bengkulu-Jambi), dan
Pegunungan Jayawijaya (Papua).
Manfaat
pegunungan antara lain:
– untuk usaha perkebunan bunga,
sayuran dan tanaman industri,
– sebagai tempat peristirahatan,
camping dan wisata alam, serta
– tempat tumbuh hutan sebagai
daerah perlindungan hewan dan tumbuhan agar tidak punah.
2. Kenampakan Alam Wilayah
Perairan
Wilayah
perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenangi air. Kenampakan
alam yang termasuk wilayah perairan adalah sebagai berikut:
a. Sungai
Sungai adalah
aliran air yang panjang yang berasal dari mata air dan bermuara atau
berakhir di laut. Manfaat sungai bagi masyarakat sekitar antara lain:
– untuk irigasi mengairi sawah,
– tempat memelihara ikan dengan
menggunakan keramba,
– sebagai prasarana transportasi
dan perdagangan /pasar terapung,
– dapat untuk pembangkit listrik.
b. Danau
Danau adalah
daratan yang cekung dan terisi oleh air. Pada umumnya genangan air danau
relatif luas. Berdasarkan cara terbentuknya ada dua macam, yaitu danau
buatan dan danau alam. Danau buatan adalah danau yang dibuat oleh manusia
dengan cara membendung aliran sungai. Danau buatan sering disebut waduk.
Danau alam adalah danau yang
terbentuk oleh peristiwa alam, antara lain karena letusan gunung api, gerakan
kulit bumi, dan pelarutan batuan kapur oleh air hujan. Danau yang
berukuran relatif kecil disebut telaga, rawa, atau paya- paya.
Manfaat danau atau waduk antara
lain:
– menampung air hujan sehingga
bisa mengurangi banjir,
– pengairan sawah dan industri,
– tempat memelihara dan
penangkapan ikan, dan
– untuk olahraga air dan
rekreasi.
c. Laut
Laut adalah
genangan air yang sangat luas dan dalam. Kedalamannya mencapai 1.000 meter atau
lebih. Sedangkan kedalaman laut tepi antara 0 meter sampai 200 meter. Air
laut rasanya asin karena mengandung garam.
Di dalam laut
terdapat banyak kehidupan, antara lain tumbuhan laut, kerang,
dan berjenis-jenis ikan. Laut di Indonesia sangat luas, melebihi luas
daratannya. Dua per tiga (2/3) wilayah Indonesia berupa laut atau
perairan. Laut di Indonesia antara lain Laut Jawa, Laut Sulawesi, Laut
Flores, Laut Banda, Laut Buru, Laut Seram, dan sebagainya.Manfaat laut
bagi kehidupan manusia sangat banyak, antara lain:
– laut merupakan penyumbang
terjadinya hujan dan pengatur iklim,
– air laut diolah menjadi garam,
contohnya di Sumenep Madura,
– dari dalam laut kita memperoleh
berjenis-jenis ikan, kerang, dan rumput laut yang dapat diolah menjadi makanan
dan obat-obatan, serta
– laut juga dimanfaatkan untuk
olahraga air, jalur transportasi, dan lain sebagainya.
min tema IPS nya apa ya??
ReplyDeleteYa gi.ana ya
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteππππ
ReplyDeleteIm not indonesian ihihihihihi π€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺπ€ͺ
ReplyDeleteEhehehehehehhehehehe
DeletePanjang bgt apalagi ak disuruh nulis ini sama guruku
ReplyDeleteπ²π²
ReplyDeleteππππ
ReplyDeleteMantap woy
ReplyDeleteGue bukan nulis tapi baca capek kali gyus
ReplyDeleteSemangat ya mb'πͺπͺπͺππππππ
Deleteππ€☁☁ππ☁☁☁☁
ReplyDeleteπππππ☁☁☁
ππππ☁☁☁☁
☁☁ππ☁☁☁☁
☁☁ππ☁☁☁☁
☁☁ππ☁☁☁☁
☁☁ππ☁☁☁☁
☁☁ππ☁☁☁π
☁☁ππππππ
☁☁ππππππ
☁☁π☁π☁ππ
πΎπΎππΎππΎππ
Teu ka harti
ReplyDeleteGodeng
ReplyDeleteSama gaes aku besok ujian nih Tema 2 Sama Tema 3 doain dong gaes supaya aku lancar Dan dapet nilai π― Amin yarrobbπͺπ
ReplyDeleteMakasih ilmunya...
ReplyDeletePegunungan sibolangit apa betul di aceh bukannya di sumtra utara Bukannnya yng bukit barisan di aceh
ReplyDelete