AKSI NYATA MODUL 1.3 PENDIDIKAN PROGRAM GURU PENGGERAK
AKSI NYATA MODUL 1.3
PEMBIASAAN BAIK PESERTA DIDIK DALAM MENYIKAPI TEKNOLOGI
MENUJU KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA
ANDRIANSYAH_CGP
KAB. BEKASI
A.
Latar belakang tentang
situasi yang dihadapi oleh Calon Guru Penggerak
Perkembangan teknologi
sekarang ini maju dengan sangat cepat, teknologi abad 21 ini banyak hal-hal yang
positif dan banyak juga hal-hal negatif. Saya sebagai seorang pendidik ingin
menekan penggunaan teknologi yang bersifat negatif pada peserta didik khususnya
dalam aktivitas sehari-hari.
B.
Deskripsi Aksi Nyata
yang dilakukan, berikut alasan mengapa melakukan aksi tersebut
Berawal dari keresahan
para orang tua murid yang mengeluhkan tentang aktivitas anaknya dalam
menggunakan Handphone (HP) yang terlalu berlebihan. Dalam perbincangan saya
bersama beberapa orang tua murid meminta saya solusi bagaimana agar anaknya di
rumah lebih mementingkan pelajaran dari pada bermain Handphone, karena hampir
setiap tahun banyak orang tua murid yang mengeluhkan hal yang sama tentang
penggunaan Hand Phone yang berlebihan sehingga tidak bisa dilarang oleh orang
tuanya maka dari itu saya membuat
rancangan aksi nyata dan segera melaksanakan aksi nyata ini.
Ditambah lagi salah
satu dampak negatif yang ditimbulkan oleh kecanduan Handphone adalah
menyebabkan prestasi sekolah dapat menurun. Akibat berlebihan bermain Handphone
disekolah ataupun pembelajaran daring yang saat ini dilaksanakan karena pandemi
Covid 19 mereka mengantuk dan kurang konsentrasi hal ini mengakibatkan nilai
dan prestasinya menurun drastis.
C. Hasil dari Aksi Nyata yang dilakukan
Untuk aksi nyata ini
saya menggunakan daring. Saya menggunakan aplikasi Google Meet untuk
menyampaikan materi. Hasil dari aksi nyata yang saya lakukan Alhamdulillah
berjalan dengan baik dari mulai melakukan komunikasi dengan warga sekolah
selaku pemangku kepentingan dan juga komunikasi yang saya lakukan dengan orang
tua murid, hal ini saya lakukan demi terciptanya kolaborasi antara pemangku
kepentingan yang ada di sekolah sehingga mengasilkan sinergi yang baik
dari pihak sekolah dan pihak orang tua murid.
Kami sepakat untuk
membuat peraturan kesepakatan bersama untuk orang tua murid dengan anaknya
mengenai jadwal penggunaan aktivitas Handphone dalam kesehariannya di rumah, tujuannya
untuk menekan hal-hal buruk dari penggunaan teknologi khususnya Handphone. Sehingga
dengan membuat jadwal tersebut diharapkan anak menghilangkan pembiasaan lama ke
pembiasaan yang baru sehingga karakter baik anak akan terbentuk, dan dapat
memunculkan motivasi intrinsik dalam diri anak untuk proses pembelajaran.
D.
Pembelajaran yang
didapat dari pelaksanaan (kegagalan maupun keberhasilan)
Pembelajaran yang
didapat dari pelaksanaan adalah pentingnya komunikasi, kolaborasi, tanggung
jawab, antara warga sekolah dengan para orang tua murid agar mendapatakan proses
pembelajaran yang nyaman baik itu dari pihak guru ataupun dari pihak orang tua
murid khususnya untuk para peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran
tidak ada keresahan dari semua pihak dan menghasilkan pembelajaran yang efektif
dan kondusif dari setiap lininya.
E. Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang
Rencana perbaikan
untuk pelaksanaan di masa mendatang adalah mengkomunikasikan kepada kepala
sekolah dan teman sejawat dan komite sekolah serta mensosialisasikan untuk melakukan penerapan seluruhnya kepada
setiap kelas yang bertujuan untuk menekan penggunaan aktivitas Handphone yang
berlebihan akan mengakibatkan dapampak buruk bagi peserta didik dalam kewajiban
dan tanggung jawabnya sebagai siswa. Jika program ini terlaksana dengan baik
bukan tidak mungkin para peserta didik terbentuk karakter baik yang dimulai
dari pembiasaan yang baik, maka akan tercapai profil pelajar pancasila seperti
yang kita harapkan semua.
F.
Dokumentasi proses dan
hasil pelaksanaan
Comments
Post a Comment