4.1 Menceritakan hubungan simbol
dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari
TEMA 1 BAHASA INDONESIA
3.1 Menunjukkan gagasan
pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi
yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam
kerangka tulis.
TEMA
2 BAHASA INDONESIA
3.2 Memetakan keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan
informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
TEMA 3 BAHASA INDONESIA
3.3
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar
pertanyaan.
4.3
Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam
bentuk teks tulisan.
TEMA
4 BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi
tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan
tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan
dibaca yang didukung oleh alasan.
TEMA 5 BAHASA INDONESIA
3.7 Mengagali pengetahuan baru yang
didapat dari teks nonfiksi
4.7
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa
sendiri
TEMA 1 IPA
3.6 Memahami
sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan
laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
TEMA
2 IPA
3.5 Memahami berbagai bentuk sumber
enargi, dan sumber enelgi alternatif (angin,air, matahari, panas bumi, bahan
bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai bentuk energi.
TEMA 3 IPA
3.1
Memahami hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
4.1
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh
hewan dan tumbuhan.
3.8
Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya.
4.8
Melakukan Kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di
lingkungannya.
TEMA
4 IPA
3.8 Menjelaskan
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alamndi lingkungannya.
4.8 Melakukan
kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang dilingkungannya.
TEMA 5 IPA
3.7
Memahami sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/ atau percobaan yang pemanfaatkan sifat-sifat cahaya
TEMA 1 IPS
3.2 Memahami
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai
identitas bangsa Indonesia.
TEMA
2 IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyara-kat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
TEMA 3 IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat
provinsi
TEMA
4 IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan
budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi
kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan,
sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
TEMA 5
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu,
Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di
lingkungan daerah setempat
4.4 Menyajikan hasil identifikasi
kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat
masa kini di lingkungan daerah setempat
TEMA 1 SBDP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
TEMA 2 SBDP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah
nada.
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang
dan cepat melalui lagu.
TEMA 3 SBDP
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan
dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian
sumber daya alam bersama orang-orang di lingkunganya.
TEMA 4 SBDP
3.1
Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi.
4.1 Menggambar dan membentuk tiga
dimensi.
TEMA 5
3.2
Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang
dan cepat melalui lagu
TEMA 1 PJOK
3.1 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
TEMA 2 PJOK
3.1 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur variasi
pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan
atau tradisional.
TEMA 3 PJOK
3.2 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
TEMA 4 PJOK
3.4 Memahami prosedur pola gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri.
4.4 Mempraktikkan prosedur pola gerak
dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri.
TEMA 5 PJOK
3.9 Memahami jenis cidera dan cara
penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam
kehidupan sehari-hari
4.9 Memaparkan jenis cidera dan cara
penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam
kehidupan sehari-hari
Comments
Post a Comment