AKSI NYATA MODUL 1.3 PENDIDIKAN PROGRAM GURU PENGGERAK

PROSES MENYUSUN KESEPAKATAN KELAS BERSAMA
PESERTA DIDIK
Langkah-langkah yang saya lakukan yaitu:
a. Menentukan
metode diskusi bersama peserta didik dikarenakan masih dalam keadaan pandemi
covid 19 jadi saya menggunakan aplikasi Gmeet untuk melakukan kesepakatan
kelas.
b. Ketika
proses diskusi yang saya lakukan adalah:
·
Tanya pendapat murid
·
Tanyakan ide dari murid untuk mencapai kelas
impiannya
·
Ambil kesimpulan dari ide murid
·
Melihat bersama hasil kesepakatan kelas
·
Refleksi kesepakatan kelas
c. Untuk
poster beserta tanda tangan kesepakatan kelas nanti ketika tatap muka akan di
laksanakan
Berusaha
mulai dari sekarang untuk menjadi guru manager, karena Hubungan guru dan murid adalah faktor
penting dalam membangun budaya positif sekolah. Seorang
guru dalam keadaan sesulit apapun harus mampu merubah karakter baik para
muridnya untuk mencapai arti sesungguhnya dalam pendidikan
Berjalannya diskusi yang interaktif membuat
berjalannya diskusi menjadi hidup. Menstimulus peserta didik tentang pendapat
dan ide apa yang akan mereka keluarkan sehingga tidak adanya tekanan dalam hati
peserta didik.
Respons mereka sangatlah antusias dalam
membuat dan menghasilkan kesepakatan di kelas. Dari ide-ide atau pendapat
peserta didik dari situlah saya bisa memahami apa kelas yang mereka impikan
selama ini.
Untuk tantangan yang saya hadapi ketika itu
adalah saya khawatir banyak yang tidak mengikuti kesepakatan kelas yang akan
dibuat dikarenakan keterbatasan kemampuan siswa untuk mengaplikasikan Gmeet,
tetapi kekhawatiran itu langsung hilang ketika 90% lebih peserta didik
mengikuti proses kesepakatan kelas.
Comments
Post a Comment