AKSI NYATA MODUL 1.3 PENDIDIKAN PROGRAM GURU PENGGERAK

Image
  AKSI NYATA MODUL 1.3 PEMBIASAAN BAIK PESERTA DIDIK DALAM MENYIKAPI TEKNOLOGI MENUJU KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA ANDRIANSYAH_CGP KAB. BEKASI   A.      Latar belakang tentang situasi yang dihadapi oleh Calon Guru Penggerak  Perkembangan teknologi sekarang ini maju dengan sangat cepat, teknologi abad 21 ini banyak hal-hal yang positif dan banyak juga hal-hal negatif. Saya sebagai seorang pendidik ingin menekan penggunaan teknologi yang bersifat negatif pada peserta didik khususnya dalam aktivitas sehari-hari.   B.    Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan, berikut alasan mengapa melakukan aksi tersebut Berawal dari keresahan para orang tua murid yang mengeluhkan tentang aktivitas anaknya dalam menggunakan Handphone (HP) yang terlalu berlebihan. Dalam perbincangan saya bersama beberapa orang tua murid meminta saya solusi bagaimana agar anaknya di rumah lebih mementingkan pelajaran dari pada bermain Handphone, karena hampir setiap tahun banyak orang tua murid yang menge

BUDAYA POSITIF DI KELAS

 

PROSES MENYUSUN KESEPAKATAN KELAS BERSAMA PESERTA DIDIK

 

  1. Langkah-langkah yang Anda lakukan dalam menyusun kesepakatan kelas secara runut dan jelas.

Langkah-langkah yang saya lakukan yaitu:

a.    Menentukan metode diskusi bersama peserta didik dikarenakan masih dalam keadaan pandemi covid 19 jadi saya menggunakan aplikasi Gmeet untuk melakukan kesepakatan kelas.

b.    Ketika proses diskusi yang saya lakukan adalah:

·         Tanya pendapat murid

·         Tanyakan ide dari murid untuk mencapai kelas impiannya

·         Ambil kesimpulan dari ide murid

·         Melihat bersama hasil kesepakatan kelas

·         Refleksi kesepakatan kelas

c.    Untuk poster beserta tanda tangan kesepakatan kelas nanti ketika tatap muka akan di laksanakan

 

  1. Tindakan yang Anda lakukan sebagai guru kepada murid

Berusaha mulai dari sekarang untuk menjadi guru manager, karena Hubungan guru dan murid adalah faktor penting dalam membangun budaya positif sekolah. Seorang guru dalam keadaan sesulit apapun harus mampu merubah karakter baik para muridnya untuk mencapai arti sesungguhnya dalam pendidikan

  1. Percakapan Anda sebagai guru dengan murid ketika menyusun kesepakatan kelas

Berjalannya diskusi yang interaktif membuat berjalannya diskusi menjadi hidup. Menstimulus peserta didik tentang pendapat dan ide apa yang akan mereka keluarkan sehingga tidak adanya tekanan dalam hati peserta didik.

  1. Respons murid dalam berperilaku setelah kesepakatan kelas dibuat

Respons mereka sangatlah antusias dalam membuat dan menghasilkan kesepakatan di kelas. Dari ide-ide atau pendapat peserta didik dari situlah saya bisa memahami apa kelas yang mereka impikan selama ini.

  1. Tantangan atau keberhasilan yang ditemui selama proses tersebut

Untuk tantangan yang saya hadapi ketika itu adalah saya khawatir banyak yang tidak mengikuti kesepakatan kelas yang akan dibuat dikarenakan keterbatasan kemampuan siswa untuk mengaplikasikan Gmeet, tetapi kekhawatiran itu langsung hilang ketika 90% lebih peserta didik mengikuti proses kesepakatan kelas.














Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Materi Kurtilas tema 1 Kelas 4 SD Semester 1

Rangkuman Materi Kurtilas Tema 2 kelas 4 SD semester 1

Rangkuman Materi Kurtilas Tema 3 Kelas 4 SD Semester 1