AKSI NYATA MODUL 1.3 PENDIDIKAN PROGRAM GURU PENGGERAK

Image
  AKSI NYATA MODUL 1.3 PEMBIASAAN BAIK PESERTA DIDIK DALAM MENYIKAPI TEKNOLOGI MENUJU KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA ANDRIANSYAH_CGP KAB. BEKASI   A.      Latar belakang tentang situasi yang dihadapi oleh Calon Guru Penggerak  Perkembangan teknologi sekarang ini maju dengan sangat cepat, teknologi abad 21 ini banyak hal-hal yang positif dan banyak juga hal-hal negatif. Saya sebagai seorang pendidik ingin menekan penggunaan teknologi yang bersifat negatif pada peserta didik khususnya dalam aktivitas sehari-hari.   B.    Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan, berikut alasan mengapa melakukan aksi tersebut Berawal dari keresahan para orang tua murid yang mengeluhkan tentang aktivitas anaknya dalam menggunakan Handphone (HP) yang terlalu berlebihan. Dalam perbincangan saya bersama beberapa orang tua murid meminta saya solusi bagaimana agar anaknya di rumah lebih mementingkan pelajaran dari pada bermain Handphone, karena hampir setiap tahun banyak orang tua murid yang menge

MODUL 1.1..a.10. Aksi Nyata PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK (PPGP)

 

KOLABORASI BERSAMA KEPALA SEKOLAH dan TEMAN SEJAWAT

FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA

ANDRIANSYAH_CGP SDN BAHAGIA 01_KEC. BABELAN_KAB. BEKASI

A.      A. LATAR BELAKANG

Mengubah cara pandang pendidik betapa pentingnya Merdeka Belajar bagi para murid dengan konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara. Dengan berkolaborasi dengan warga sekolah khususnya Kepala sekolah dan teman sejawat untuk menyamakan persepsi.

 

B.      B. DESKRIPSI AKSI NYATA

Sebagai guru yang mempunyai tugas atau kewajiban untuk mengubah karakter baik untuk para murid. Meninggalkan paradigma lama dalam mengajar adalah salah satu solusi untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki oleh para guru. Aksi nyata ini saya fokuskan dahulu kepada teman sejawat sebelum aksi nyata bersama murid sehingga nanti saya dan teman sejawat  bisa membagi pengalamannya untuk mengembangkan potensi khususnya saya bersama warga sekolah, di akhiri dengan umpan balik yang membangun sehingga akan tercipta suasana yang hidup dipertemuan ini.

 

C.     C.  HASIL DARI AKSI NYATA

Kepala sekolah dan teman sejawat sedikit banyak memiliki bayangan tentang kodrat anak yang sesungguhnya, memiliki bayangan sedikit banyak tentang konsep filosofi Ki Hajar Dewantara tentang merdeka belajar bagi para murid.

 

D.     D. PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT

Dalam aksi nyata ini pembelajaran yang di dapat adalah adanya komunikasi dua arah mengenai konsep merdeka belajar dan semangatnya para warga sekolah khusnya Kepala Sekolah dan teman sejawat untuk menantikan aksi nyata selanjutnya.

 

E.      E. RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG

Mempelajari lagi tentang konsep merdeka belajar dari berbagai sumber untuk menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi yang ada pada diri saya, sharing bersama teman sejawat terkait merdeka belajar berdasarkan pengalaman masing-masing dan menyamakan persepsi untuk disampaikan lagi nanti untuk rencana di masa mendatang.

 

 F. DOKUMENTASI KEGIATAN

https://www.youtube.com/watch?v=_6hSArJ-qDo&t=9s






 


 

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Materi Kurtilas tema 1 Kelas 4 SD Semester 1

Rangkuman Materi Kurtilas Tema 2 kelas 4 SD semester 1

Rangkuman Materi Kurtilas Tema 3 Kelas 4 SD Semester 1