MODUL 1.1..a.10. Aksi Nyata PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK (PPGP)
- Get link
- X
- Other Apps
KOLABORASI BERSAMA KEPALA SEKOLAH dan TEMAN SEJAWAT
FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA
ANDRIANSYAH_CGP SDN BAHAGIA 01_KEC. BABELAN_KAB. BEKASI
A. A. LATAR
BELAKANG
Mengubah cara pandang pendidik betapa
pentingnya Merdeka Belajar bagi para murid dengan konsep pemikiran Ki Hajar
Dewantara. Dengan berkolaborasi dengan warga sekolah khususnya Kepala sekolah
dan teman sejawat untuk menyamakan persepsi.
B. B. DESKRIPSI AKSI NYATA
Sebagai guru yang mempunyai tugas
atau kewajiban untuk mengubah karakter baik untuk para murid. Meninggalkan paradigma
lama dalam mengajar adalah salah satu solusi untuk mengembangkan kompetensi
yang dimiliki oleh para guru. Aksi nyata ini saya fokuskan dahulu kepada teman
sejawat sebelum aksi nyata bersama murid sehingga nanti saya dan teman sejawat bisa membagi pengalamannya untuk mengembangkan
potensi khususnya saya bersama warga sekolah, di akhiri dengan umpan balik yang
membangun sehingga akan tercipta suasana yang hidup dipertemuan ini.
C. C. HASIL DARI AKSI NYATA
Kepala sekolah dan teman sejawat sedikit
banyak memiliki bayangan tentang kodrat anak yang sesungguhnya, memiliki
bayangan sedikit banyak tentang konsep filosofi Ki Hajar Dewantara tentang merdeka
belajar bagi para murid.
D. D. PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT
Dalam aksi nyata ini pembelajaran
yang di dapat adalah adanya komunikasi dua arah mengenai konsep merdeka belajar
dan semangatnya para warga sekolah khusnya Kepala Sekolah dan teman sejawat untuk
menantikan aksi nyata selanjutnya.
E. E. RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN
DI MASA MENDATANG
Mempelajari lagi tentang konsep
merdeka belajar dari berbagai sumber untuk menambah wawasan dan meningkatkan
kompetensi yang ada pada diri saya, sharing bersama teman sejawat terkait
merdeka belajar berdasarkan pengalaman masing-masing dan menyamakan persepsi
untuk disampaikan lagi nanti untuk rencana di masa mendatang.
https://www.youtube.com/watch?v=_6hSArJ-qDo&t=9s
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment